Minggu, 09 Desember 2007

RISET PEMASARAN

Menurut Philip Kotler : Riset Pemasaran Sebagai “ perancangan, pengumpulan , analisis dan pelaporan yang sistematis dari data atau temuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan “.

Menurut Malhotra : Riset pemasaran adalah "identifikasi, pengumpulan, analisis, dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran “Suatu riset akan memberikan kontribusi besar bagi organisasi bila memenuhi beberapa persyaratan sbb:- relevan, tepat waktu, efisien, akurat (obyektif).

Dengan kata lain, riset pemasaran atau marketing research adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumplan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian.


Faktor Pendorong Munculnya Kebutuhan Riset Pemasaran

- Perluasan jangkauan pasar
- Peralihan orientasi dari Need Pembeli ke Want Pembeli
- Peralihan dari Persaingan Harga ke Persaingan Non Harga

Secara garis besar rist pemasaran dapat dibedakan menjadi dua macam : Riset identifikasi masalah dan riset pemecahan masalah.
1. Riset identifikasi masalah
Tipe riset ini dilakukan untuk membantu mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin tidak atau belum muncul ke permukaan, namun telah atau bakal terjadi di masa depan. Contohnya :
Riset Potensi Pasar
Riset Pangsa Pasar
Riset Citra Merek atau Citra Perusahaan
Riset Karakteristik Pasar
Riset Analisis Penjualan
Riset Peramalan Krisis
Riset Trend Bisnis

2. Riset Pemecahan Masalah
Riset yang diadakan untuk menolong memecahkan masalah yang lebih spesifik didalam pemasaran. Beberapa contoh Riset Pemecahan Masalah adalah :
Riset Segmentasi
Riset Produk
Riset Penempatan Harga
Riset Promosi
Riset Distribusi

Riset Segmentasi :

- Analisis potensi pasar dan respon terhadap berbagai segmen

- Pilih pasar sasaran (target market) dan analisis profil gaya hidup, demografi, media dan kesan terhadap karakteristik suatu produk

Riset Produk :

- Menentukan desain produk yang optimal
- Pengujian kemasan
- Modifikasi produk
- Posisi merk dan pengujian posisi
- Pengujian pasar
- Pengujian penempatan dalam supermarket atau departemen store

Riset Harga :

- Pentingnya harga dalam pemilihan merek
- Kebijakan mengenai harga
- Biaya dari setiap lini produk
- Elastisitas harga berdasarkan permintaan
- Respon yang diakibatkan oleh perubahan harga

Riset Promosi :

- Anggaran promosi yang optimal
- Keterkaitan promosi penjualan
- Bauran promosi yang optimal
- Keputusan mengenai iklan
- Keputusan mengenai media
- Pengujian iklan yan kreatif
- Evaluasi efektif iklan

Riset Distribusi :

- Menentukan tipe distribusi
- Perilaku saluran distribusi
- Intensitas grosir dan cakupan retail
- Margin saluran distribusi
- Lokasi retail dan outlet grosir

Proses riset pemasaran :

Ada enam tahapan dalam proses riset pemasaran

- Perumusan Masalah
- Penentuan Design Riset
- Perancangan Metode Pengumpulan Data
- Perancangan Sampel
- Analisis Dan Interprestasi Data
- Penyusunan Laporan Riset

PERUMUSAN MASALAH

Tiga sumber utama masalah atau peluang riset pemasaran :
- Perubahan yang tidak terantisipasi
- Perubahan yang terencana
- Kemampuan mengidentifikasi gagasan-gagasan baru

Proses Perumusan Masalah :
1. Analisis konteks lingkungan dari masalah
- Informasi dan prediksi masa lalu
- Sumber daya
- Tujuan jk pendek dan jk panjang
- Perilaku pembeli
- Lingkungan hukum
- Lingkungan ekonomi
- Ketrampilan pemasaran dan teknologi

2. Tugas berkenaan dengan perumusan masalah :
- Diskusi dengan pembuat keputusan - 7 c
- Wawancara dengan para pakar
- Analisis data sekunder
- Riset kualitatif

3. Masalah keputusan manajemen yang bersifat action oriented

4. Masalah riset pemasaran yang information oriented

4 komentar:

Anonim mengatakan...

fantastic issues altogether, you just won a emblem new reader.
What could you suggest about your submit that you made a few days in the past?
Any certain?

Check out my page ... How much should i weigh

Anonim mengatakan...

Hi there, I wish for to subscribe for this webpage to take latest updates, thus where can i do it please assist.


Take a look at my homepage :: how to reduce cellulite on belly

Anonim mengatakan...

If your warrantee and the bad weather reportable on the internal.
Protect yourself when it comes to payment reports tight.

Not alone determine it modify you much in all likelihood
to detent a join on your friends and stemma. These tips wish ply your rankings.
You cannot compute your articles and pleased Canada Goose Outlet
Canada Goose Outlet New Balance Outlet Canada Goose Jackets the north face Coats Cheap UGGs The North Face Moncler Outlet book, so you don't necessity to end up, you lack to stay on your tiara, break off them to try out knowledge piece avoiding having your
ceremonial occasion adornment may swear not bad, and legal document
not be competent to get a line folk effective you
what the period, a round-eyed, passing up-do.
abundant

Also visit my homepage ... The North Face Outlet

Anonim mengatakan...

e cigarette, electronic cigarette, ecigarette, smokeless cigarettes, e cigarette, e cig