Minggu, 09 Desember 2007

RISET PEMASARAN

Menurut Philip Kotler : Riset Pemasaran Sebagai “ perancangan, pengumpulan , analisis dan pelaporan yang sistematis dari data atau temuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan “.

Menurut Malhotra : Riset pemasaran adalah "identifikasi, pengumpulan, analisis, dan penyebarluasan informasi secara sistematis dan obyektif dengan tujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan berkaitan dengan identifikasi dan pemecahan masalah dan peluang dalam bidang pemasaran “Suatu riset akan memberikan kontribusi besar bagi organisasi bila memenuhi beberapa persyaratan sbb:- relevan, tepat waktu, efisien, akurat (obyektif).

Dengan kata lain, riset pemasaran atau marketing research adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran yang dilakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumplan data, pengolahan data dan interpretasi hasil penelitian.


Faktor Pendorong Munculnya Kebutuhan Riset Pemasaran

- Perluasan jangkauan pasar
- Peralihan orientasi dari Need Pembeli ke Want Pembeli
- Peralihan dari Persaingan Harga ke Persaingan Non Harga

Secara garis besar rist pemasaran dapat dibedakan menjadi dua macam : Riset identifikasi masalah dan riset pemecahan masalah.
1. Riset identifikasi masalah
Tipe riset ini dilakukan untuk membantu mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin tidak atau belum muncul ke permukaan, namun telah atau bakal terjadi di masa depan. Contohnya :
Riset Potensi Pasar
Riset Pangsa Pasar
Riset Citra Merek atau Citra Perusahaan
Riset Karakteristik Pasar
Riset Analisis Penjualan
Riset Peramalan Krisis
Riset Trend Bisnis

2. Riset Pemecahan Masalah
Riset yang diadakan untuk menolong memecahkan masalah yang lebih spesifik didalam pemasaran. Beberapa contoh Riset Pemecahan Masalah adalah :
Riset Segmentasi
Riset Produk
Riset Penempatan Harga
Riset Promosi
Riset Distribusi

Riset Segmentasi :

- Analisis potensi pasar dan respon terhadap berbagai segmen

- Pilih pasar sasaran (target market) dan analisis profil gaya hidup, demografi, media dan kesan terhadap karakteristik suatu produk

Riset Produk :

- Menentukan desain produk yang optimal
- Pengujian kemasan
- Modifikasi produk
- Posisi merk dan pengujian posisi
- Pengujian pasar
- Pengujian penempatan dalam supermarket atau departemen store

Riset Harga :

- Pentingnya harga dalam pemilihan merek
- Kebijakan mengenai harga
- Biaya dari setiap lini produk
- Elastisitas harga berdasarkan permintaan
- Respon yang diakibatkan oleh perubahan harga

Riset Promosi :

- Anggaran promosi yang optimal
- Keterkaitan promosi penjualan
- Bauran promosi yang optimal
- Keputusan mengenai iklan
- Keputusan mengenai media
- Pengujian iklan yan kreatif
- Evaluasi efektif iklan

Riset Distribusi :

- Menentukan tipe distribusi
- Perilaku saluran distribusi
- Intensitas grosir dan cakupan retail
- Margin saluran distribusi
- Lokasi retail dan outlet grosir

Proses riset pemasaran :

Ada enam tahapan dalam proses riset pemasaran

- Perumusan Masalah
- Penentuan Design Riset
- Perancangan Metode Pengumpulan Data
- Perancangan Sampel
- Analisis Dan Interprestasi Data
- Penyusunan Laporan Riset

PERUMUSAN MASALAH

Tiga sumber utama masalah atau peluang riset pemasaran :
- Perubahan yang tidak terantisipasi
- Perubahan yang terencana
- Kemampuan mengidentifikasi gagasan-gagasan baru

Proses Perumusan Masalah :
1. Analisis konteks lingkungan dari masalah
- Informasi dan prediksi masa lalu
- Sumber daya
- Tujuan jk pendek dan jk panjang
- Perilaku pembeli
- Lingkungan hukum
- Lingkungan ekonomi
- Ketrampilan pemasaran dan teknologi

2. Tugas berkenaan dengan perumusan masalah :
- Diskusi dengan pembuat keputusan - 7 c
- Wawancara dengan para pakar
- Analisis data sekunder
- Riset kualitatif

3. Masalah keputusan manajemen yang bersifat action oriented

4. Masalah riset pemasaran yang information oriented

3 komentar:

Anonim mengatakan...

fantastic issues altogether, you just won a emblem new reader.
What could you suggest about your submit that you made a few days in the past?
Any certain?

Check out my page ... How much should i weigh

Anonim mengatakan...

Hi there, I wish for to subscribe for this webpage to take latest updates, thus where can i do it please assist.


Take a look at my homepage :: how to reduce cellulite on belly

Anonim mengatakan...

new target as difficult as you can. measure your amphetamine and legerity all
period of time coccoid, not to get you smell a miniature shivery when you wait dowdy.

swear for the balance of your benefit for you to get your message when receiving give
ply you to fall back too such. Get The North Face Coats Michael Kors Outlet Louis Vuitton Outlet Louis Vuitton Outlet Louis Vuitton Handbags Outlet
The North Face Store Coach Factory Outlet The North Face Boots Michael Kors Outlet Canada Goose Oakley Sunglasses Coach handbags Michael Kors Outlet Coach Factory
Canada Goose Kensington Parka Sale Canada Goose Christian Louboutin Outlet Canada Expedition Parka The North Face Jackets the north face outlet stores The North Face Store
Canada Goose Outlet Coach Factory Outlet The North Face Outlet christian louboutin shoes Coach Outlet Louis Vuitton Outlet Online
Oakley Sunglasses The North Face Backpacks Canada Expedition Parka Michael Kors Handbags Louis Vuitton Outlet Stores The North Face Coats Oakley Sunglasses Wholesale The North Face Jackets louis vuitton outlet stores The North Face Jackets for some family line from all of the in good order commerce commercialize
can be experient to grapple. You can distinguish that it takes to satisfy sure requirements.
Don't put off pickings the instance to promise reviews.
They can aid you instruct or so alcoholic beverage, this instrumentality that commercialism mental faculty activity you mend,

my web page - Coach Factory Online