Selasa, 27 November 2007

SEGMENTASI, SASARAN, DAN PEMOSISIAN

Segmentasi Pasar Global :
Segmentasi pasar global adalah proses membagi pasar dunia kedalam kelompok pelanggan yang mempunyai persamaan perilaku atau persamaan kebutuhan.
Perusahaan pasar global membuat pasar dunia berdasarkan pada satu atau beberapa kriteria kunci , : geografis, demografis (termasuk pendapatan nasional dan besar populasi), psikografis (nilai-nilai ,sikap dan gaya hidup), karekatiristik tingkah laku dan manfaat yang dicari.
Alat yang kuat lainnya untuk segmentasi pasar global adalah segmentasi horizontal oleh kategori pengguna.

- Segmentasi Geografis : pasar-pasar yang ada berdekatan namun juga banyak perbedaan.
- Segmentasi Demografi : karakteritik populasi dapat diukur dari umur, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan dan pekerjaan.
Untuk karakteristik pendapatan, dengan pendapatan yang tinggi per kapita merupakan pasar potensial yang amat diminati.
Untuk karakteritik usia : ini merupakan variable lain yang juga berguna, terutama dengan kelompok usia remaja, karena menunjukkan tingkah laku dan minat mereka akan mode, musik dan gaya hidup remaja, dengan konsumsi yang mencolok konsisten melewati batas-batas negara.
- Segmentasi Psikografi : adalah proses pengelompokkan orang dalam arti sikap, nilai-nilai yang di anut, dan gaya hidup.
Macam-macam analisis tentang psikografi telah banyak dilakukan oleh Periset-periset Internasional diantaranya :
- Global Scan dari Baker Spielvogel & Bates : yang membagi segmen psikografi kedalam ; striver (pekerja keras), Achiever (orang yang mencapai prestasi), Pressured ( orang yang didesak), Tradisional, dan Adapter ( penyesuai).
- Studi Konsumen Eropa oleh D’arcy Massius Benton & Bowles’ : Para peneliti mengidentifikasi 4 kelompok gaya hidup : Successful Idealists (idealis yang sukses), Affluent Materialist ( materialis yang makmur), Comfortables Belongers (pemilik yang merasa nyaman) dan Disaffected Survivors (kaum bertahan yang tidak terpengaruh).
- Cross Cultural Consumer Characterizations (4C) dari Y & R : Constrained (resigned poor dan struggling poor, Middle Majority (mainstreamer, aspirer dan succeeder) dan Inovator ( transitional dan reformer).

Segmentasi Tingkah Laku : segmen ini memfokuskan kepada apakah orang akan membeli dan menggunakan suatu produk atau tidak. Konsumen dapat dikategorikan kepada pengguna berat, sedang, ringan dan bukan pengguna.

Segmentasi Manfaat : memfokuskan pada pembilang dari nilai persamaan. V = B
P

Segmentasi Vertikal versus Horizontal : didasarkan pada kategori produk atau modus dan poin harga.


MENETAPKAN SASARAN GLOBAL :
Yaitu tindakan mengevaluasi dan membandingkan kelompok yang diidentifikasi dan kemudian memilih satu atau beberapa diantaranya sebagai calon dengan potensi yang paling besar.
Kriteria untuk Menentukan Target:
Untuk menilai peluang di pasar target global, sama seperti kalau menetapkan satu negara sebagai sasaran, yaitu :
- besar segmen pasar saat ini dan potensi pertumbuhan yang diantisipasi
- persaingan
- kecocokkan dari target dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan dan kelayakan untuk mencapai sukses.

Memilih Strategi Pasar Sasaran Global :
- Standarisasi Pemasaran , adalah serupa dengan pemasaran massal dalam satu negara yang melibatkan penciptaan bauran pemasaran yang sama – p[roduk, harega, distribusi, dan komunikasi., daya tarik dari standarisasi ini adalah volume penjualan yang lebih tinggi, biaya produksi yang lebih rendah, dan laba yang lebih banyak.
- Pemasaran Global Terkonsentrasi , membidik pasar tunggal dari pasar global, yaitu strategi yang digunakan oleh juara tersembunyi dari pemasaran global.
- Pemasaran Global yang Membeda-bedakan, merupakan variasi dari pemasaran terkonsentrasi. Strategi ini mencakup 2 atau lebihsegmen pasar yang berbeda dengan berbagai penawaran bauran pemasaran, untuk mencapai pasar sasaran yang lebih luas.


MENENTUKAN POSISI PRODUK DI PASAR GLOBAL :
Pemosisian adalah menempatkan produk anda dalam benak konsumen.

Dua strategi dalam pemosisian produk adalah :
- Menentukan Posisi Teknologi Tinggi (High Tech Positioning).
Produk Teknik, Produk untuk peminat khusus, Produk yang dapat ditunjukkan kegunaannya.
- Memposisikan Sentuhan Canggih (High Touch Positioning).
Produk yang Memecahkan masalah umum, Produk desa global, Produk yang menggunakan tema Universal.

2 komentar:

Luthfi mengatakan...

Terima kasih atas infonya, akan lebih bagus jika ada tabel atau gambarnya.

sulaiman mengatakan...

terimah kasih sangat membantu saya meskipun sangat singkat..
thanks y..