Selasa, 20 November 2007

Manajemen Pemasaran Global

Pengantar : Manajemen Pemasaran Global


Pemasaran : Disiplin ilmu universal dapat diterapkan dimana saja, baik di Amerika atau di Jepang.
Kebiasaan pemasaran bervariasi dari satu negara ke negara lain.

Konsep Pemasaran :

Sekitar th 1960 -) focus dari produk ke pelanggan dgn tujuan laba dgn konsep yang lebih luas mencakup
seluruh bauran pemasaran.
Tahun 1990 -) konsep pemasaran strategis, dgn konteks lingkungan eksternal yang lebih luas spt pelanggan, persaingan, kebijakan dan peraturan pemerintah, ekonomi secara luas, dan tekanan ekonomi makro yang membentuk evolusi pasar.
Selain itu tujuan pemasaran yang berubah secara drastis, dari laba ke keuntungan bagi pemercaya (stakeholder)

Tiga Prinsip Pemasaran

1. Nilai Pelanggan dan Persamaan Nilai
2. Keunggulan Kompetitif atau Diferensial
3. Fokus

Pentingnya Pemasaran Global

Pemasaran global adalah proses memfokuskan sumber daya dan sasaran dari sebuah perusahaan terhadap peluang pemasaran global. Ada 2 manfaat yaitu : mengambil manfaat dari peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi dan untuk bertahan hidup.

 Orientasi Manajemen : - Etnosentris
- Polisentris
- Regiosentris dan Geosentris


Pemasaran global saat ini dibentuk oleh pengaruh dinamis dari beberapa kekuatan yang mendorong dan yang menghambat.
Hal yang mendorong diantaranya adalah :
- kebutuhan dan keinginan pasar
- teknologi
- perbaikan transportasi
- biaya
- kualitas
- perdamaian global
- pertumbuhan ekonomi dunia
- mengenali peluang untuk mengembangkan daya tuas secara global

Hal yang menghambat :
- perbedaan pasar
- kecadokan manajemen
- budaya organisasi
- dan kendali nasional.

Tidak ada komentar: