Minggu, 16 Desember 2007

Klasifikasi Desain Pemasaran

KLASIFIKASI DESAIN RISET PEMASARAN


1. Tujuan utama riset eksploratoris adalah memberikan wawasan dan pemahaman atas masalah yang dihadapi peneliti, informasi yang dibutuhkan pada tahap ini biasanya relatif dirumuskan secara longgar dan proses risetnya sendiri fleksibel dan tidak terstruktur, jumlah sampel kecil dan tidak harus representatif, temuan bersifat tentatif.

2. Riset konklusif bertujuan menguji hipotesis spesifik dan menilai hubungan spesifik. Informasi yang dibutuhkan harus dirumuskan secara jelas, lebih terstruktur dan formal, didasarkan pada sampel besar dan representatif. 

PERUMUSAN MASALAH

Pedoman utama dalam merumuskan masalah riset pemasaran adalah :


  • Memudahkan peneliti dalam mengumpulkan semua informasi

  • Memandu peneliti dalam merumuskan desain penelitian

      Perumusan masalah sebaiknya :


  • Singkat dan jelas
  • Dalam bentuk kalimat pertanyaan
  • Mengandung minimal satu variabel

          Contoh :

  • Bagaimana profil demografis dan psikologis pelanggan Toko “ Laris Terus “ ?

  • Apakah profil tersebut berbeda dengan pelanggan toko-toko pesaing ?









1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my site, it is about the CresceNet, I hope you enjoy. The address is http://www.provedorcrescenet.com . A hug.