Jumat, 09 November 2007

Lanjutan Definisi Operasional dan Pengukuran Variabel

Contoh:

Variabel Minat Beli adalah :
skor yang diperoleh dari jawaban responden tentang minat beli yang dilihat dari indikator : intensitas pencarian informasi, keinginan segera membeli dan keinginan preferensi, yang diukur dengan skala likert, masing-masing indikator 8 butir kuesioner.

Contoh :

Variabel Orientasi Pelanggan adalah :
Skor yang diperoleh dari jawaban responden tentang orientasi pelanggan yang dilihat dari indikator : upaya memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan, kontinuitas upaya untuk mencari informasi mengenai kebutuhan pelanggan, intensitas analisis informasi pelanggan dalam proses formulasi rencana pemasaran, frekuensi pemantauan keluhan pelanggan, kecepatan respon terhadap keluhan pelanggan, diukur dengan skala likert, masing-masing indikator 6 butir kuesioner.


Kesesuaian Variabel dan Indikator :

Langkah pertama yang paling penting dalam variabel penelitian adalah bagaimana menentukan indikatornya yang tepat.
Untuk itu, yang harus dilakukan adalah :

- Cari beberapa definisi dari variabel tersebut
- Buat satu konstruk (bentukan kesimpulan)dari definisi variabel tersebut.
- Kemudian cari indikasi atau tanda dari konstruk tersebut, karena indikator harus merupakan tanda atau indikasi dari variabel tersebut.

Tidak ada komentar: