Kamis, 24 April 2008

Mid Test Metode Riset Bisnis

- S1 Manajemen Reguler Kelas A dan B
 

Dibawah ini terdapat artikel-artikel yang dapat digunakan baik untuk penelitian pemasaran , maupun keuangan. Artikel tersebut hanya untuk mengingatkan anda kepada "variabel" , silahkan anda buat sendiri "JUDUL BARU" untuk sebuah penelitian.(judul bebas).

Yang diminta :

1. Apa judul penelitian baru anda tsb ?
2. Buat latar belakangnya !
3. Bagaimana perumusan masalahnya ?
4. Apa tujuan penelitiannya ?
5. Buat kerangka pemikirannya !
6. Buat hipotesisnya (jika ada)
7. Buat Definisi operasional dan pengukuran variabel !
8. Bagaimana teknik penentuan sampelnya ?
9. Bagaimana pengumpulan datanya


Artikel-Artikel Tersebut Adalah :


" Disain Packaging: Bagaimana Bila Harus Berubah? "

Dalam beberapa tahun terakhir ini, kami telah menyaksikan bagaimana rekan-rekan dari kalangan produsen (product manager & marketing manager dan tim mereka), dan juga dari agency telah mencurahkan perhatian mereka untuk menciptakan produk dengan kemasan-kemasan yang menarik dan berkualitas.

Namun ada satu hal yang menarik perhatian kami, yaitu manakala produsen ingin mengganti desain packaging. Banyak faktor yang menjadi perhatian produsen saat memutuskan untuk mengganti desain packaging produk, namun pertimbangan yang biasanya menjadi permasalahan adalah: "Apakah konsumen akan menyukai desain kemasan baru?"

Memang banyak sekali faktor yang mempengaruhi konsumen untuk menyukai packaging sebuah produk. Dalam beberapa survei dan Focus Group Discussion yang telah kami lakukan, kami mencatat ada beberapa hal penting yang mempengaruhi konsumen untuk menyukai sebuah desain packaging. Hal-hal tersebut antara lain adalah disain perwajahan, fungsi, dan informasi yang diberikan melalui packaging.

Faktor disain perwajahan biasanya menyangkut wilayah estetika, seperti pemilihan warna, font huruf yang digunakan dan tata grafis. Kadangkala pemasar bisa terjebak dengan selera pribadinya, karena faktor estetika sangat erat hubungannya dengan selera individu.


" Delta Djakarta Bagi Dividen Rp1.400 "

JAKARTA - Perusahaan berbasis minuman malt, PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) membagi dividen Rp1.400 per lembar saham.

"Total dividen itu merupakan 48 persen dari laba bersih," ujar Commercial Director Delta Djakarta Eddie Priyono, dalam paparan publik usai mengikuti RUPS Tahunan dan Luar Biasa, di Hotel Crown Plaza, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (24/4/2008).

Sedangkan laba bersih pada 2007, lanjut dia, tercatat Rp47 miliar.

Besarnya laba bersih itu disokong oleh pendapatan kuartal I-2008. Di mana tahun tersebut, total produksi Delta meningkat 15 persen, menjadi 25 ribu hektoliter dari tahun sebelumnya yang hanya 6,3 persen.

"Kami mengekspor minuman alkohol ke Irak sekira 8 persen, melalui Dubai, Abudabi, Pujaera, dan negara Asean seperti Kamboja dan Thailand," tutur Eddie Priyono

Pada 2007, penjualan PT Delta Jakarta sempat mengalami penurunan sebesar satu persen menjadi Rp439,8 miliar dari Rp396,7 miliar pada 2006 .

Sedangkan pada pendapatan mengalami kenaikan 16,6 persen menjadi Rp836 miliar. Peningkatan tersebut karena adanya kenaikan harga cukai.

Pada 2008 ini, perseroan menargetkan laba bersih naik menjadi Rp69 miliar. Sedangkan untuk operating profit pada kuartal I-2008 meningkat 124 persen dari Rp10,7 miliar menjadi Rp22,4 miliar. Target operating profit pada 2008 sekira Rp60,9 mliar. "Untuk volume penjualannya diharapkan Berita Terkait
naik 53 persen dari tahun sebelumnya," pungkasnya. (rhs)