Sarana ini digunakan untuk sharing tentang metode penelitian, manajemen pemasaran dll, bagi mahasiswa yang ada dilingkungan kampus saya.
Senin, 17 November 2008
Mid Test Metode Riset Bisnis S1 Manajemen
- 1. Pengaruh Profitabilitis dan Investment Opportunity Terhadap Kebijakan Turnover
- 2. Pengaruh Profit Margin, Investment Turnover Terhadap Proftabilitis Ekuitas
- 3. Analisis Posisi Plaza/Mall DI Jakarta Berdasarkan Persepsi dan Preferensi Konsumen
- 4. Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan, dan Waktu Terhadap Preferensi Belanja Online Produk Tiket Pesawat
Anda pilih salah satu dari judul-judul tersebut, lalu diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
1. Apa perumusan masalah dari judul yang anda pilih tersebut ?
2. Apa tujuan dari penelitian tersebut ?
3. Buat kerangka pemikirannya
4. Bagaimana hipotesisnya ?
5. Bagaimana definisi operasional dan pengukuran variabelnya
6. Tentukan metoda penentuan sampelnya
7. Bagaimana pengumpulan datanya
8. Apa analisis datanya
9. Buat kisi-kisi instrumen dan minimal 2 butir pertanyaan setiap variabel untuk
yang memilih judul 3s/d 4, untuk judul nomor 1 dan 2, buat data dummy 4 tahun terakhir.
Senin, 10 November 2008
UTS SIM, SIA Lanjutan
- 1. Analisa Pengaruh Profitabilitis Industri, Rasio Leverage, dan Intensitas Modal Terhadap ROA dan ROE.
- 2. Pengaruh Gaya Hidup, dan Gender terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying).
- 3. Pengaruh Interaksi antara TQM, Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial
- 4. Pengaruh Kualitas Atribut KAP terhadap Loyalitas Klien
Anda pilih salah satu dari judul-judul tersebut, lalu diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
1. Apa perumusan masalah dari judul yang anda pilih tersebut ?
2. Apa tujuan dari penelitian tersebut ?
3. Buat kerangka pemikirannya
4. Bagaimana hipotesisnya ?
5. Bagaimana definisi operasional dan pengukuran variabelnya
6. Tentukan metoda penentuan sampelnya
7. Bagaimana pengumpulan datanya
8. Apa analisis datanya
9. Buat kisi-kisi instrumen dan minimal 2 butir pertanyaan setiap variabel untuk
yang memilih judul 2 s/d 4, untuk judul nomor 1, buat data dummy 4 tahun terakhir untuk masing-masing variabelnya
Sabtu, 20 September 2008
Desain Sampling
- Mengurangi kerepotan
- Jika populasinya terlalu besar maka akan ada yang terlewati
- Dengan penelitian sampel maka akan lebih efesien
- Seringkali penelitian populasi dapat bersifat merusak
- Adanya bias dalam pengumpulan data
- Seringkali tidak mungkin dilakukan penelitian dengan populasi
PERMASALAHAN DALAM SAMPEL
- Berapa jumlah sampel yang akan diambil
- Bagaimana teknik pengambilan sampel
Pertimbangan Dalam Menentukan Sampel
- Seberapa besar keragaman populasi
- Berapa besar tingkat keyakinan yang kita perlukan
- Berapa toleransi tingkat kesalahan dapat diterima
- Apa tujuan penelitian yang akan dilakukan
- Keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti
PEMILIHAN DESAIN RISET
Apakah drsain riset yang akan dipilih sesuai dengan masalah atau tujuan riset ?
Siapa yang menyediakan informasi atau data tersebut ?
Bagaimana data akan diperoleh atau dikumpulkan ?
Bagaimana pertanyaan akan disampaikan ?
Apa yang akan dilakukan terhadap data yang telah terkumpul nantinya ?
Jumat, 08 Agustus 2008
Soal Ujian Intensif SIM dan SIA
Anda diminta untuk memilih salah satu abstrak dan membuat sebuah laporan penelitian dari abstrak tersebut dengan lengkap seperti :
1. Apa judul dari penelitian tersebut ?
2. Buat latar belakang masalahnya ?
3. Bagaimana perumusan masalahnya ?
4. Apa tujuan dari penelitian tersebut ?
5. Buat kerangka pemikirannya
6. Buat pernyataan hipotesis (jika ada)
7. Bagaimana definisi operasional dan pengukuran variabelnya ?
8. Dengan metode apa sample diambil ?
9. Bagaimana pengumpulan datanya ?
10. Bagaimana Analisis datanya
11. Apa hasil dari penelitian tersebut ?
12. Bagiamana kesimpulannya.
1. Abstract: As the number of women business travelers’ increases, lodging businesses start to provide facilities and services for this segment. This research attempts to compare businessmen and businesswomen’s expectation in selecting hotel based on hotel attributes and the use of hotel amenities. Results of factoranalysis and multivariate analysis of variances show that there are significant differences in attribute convenient eating facilities, advertising and parking, amenities support appearance facilities and minibar.
Keywords: expectation, businesswomen, businessmen, hotel, hotel attribute, hotel amenities.
2. ABSTRACT
This research objective is to analyze the influence of ex-dividend date announcement in the Jakarta Stock Exchange by taking 14 samples of shares. There are two kinds of samples, increasing dividend and decreasing divindend. 120-days of observation will be divided into 90-days estimation period and 30-days event period, including 15 days before and after the event.The method used in this research is event study that observe the stock price movement in the capital market. To examine the existence of price reaction, the abnormal return test will be conducted during the event period with analysis based on the concpet of CAPM (Capital Assets PricingModel) and the abnormal return test to the increasing and decreasing
dividend at the ex-dividend date.
The result indicate that at the significant level of 10%, there are two working days which yield the abnormal return that is significant at the increasing dividend. Those are the fourth day efore the event date with the value of 0.0011102 or around 0.1%, and the fifth day after the event date with the value of –0.32184 or approximately 3%. Whereas the decreasing divideng reveals that there are three days that deliver theabnormal return which is significant. Those are thirteentg and the second day before the event date with the value of 0.028263 or approximately 2% and 0.0166274 or approximately 1%, as well as at the fifth day after the event date with the value of 0.029105 or 3%. The final conclusion is that stock price will negatively reacted to the announcement of increasing dividend at the ex-dividend date and positively reacted to the announcement of the decreasing dividend at the ex-dividend date.
Keywords: Ex-dividend date, return, CAPM.
3. ABSTRACT
This study was conducted to investigate corporate tax non compliance behavior, especially large and medium size manufacturing industry in Surabaya, East Java. Research design is survey research using questionnaire as instrument. The respondents of the study are tax professionals who have at least 1 year experience as tax professional in the manufacturing industry. Two hundred and thirty three tax professionals of 124 corporates participated in this study. The data was analysed using Structural Equation Modeling (SEM) with Amos version 5.
The findings of this study show that, the effect of: (1) attitude toward non compliance behavior on tax professional intention is positive and significant; (2) subjective norm on tax professional intention is negative and significant; (3) moral obligation on tax professional intention is negative and significant; (4) perceived behavioral control on tax professional intention is positive and significant; (5) perceived behavioral control on corporate tax non compliance is negative and significant; (6) tax professional intention on corporate tax non compliance is positive and significant; (7) perceived corporate financial condition on corporate tax non compliance is negative and significant; (8) perceived corporate facilities on corporate tax non compliance is negative and significant; and (9) perceived organizational climate on corporate tax non compliance is negative and significant.
Keywords: attitude toward non compliance behavior, subjective norm, moral obligation, perceived behavioral control, tax professional intention, perceived corporate financial condition, perceived corporate facilities, perceived organizational climate, corporate tax non compliance.
4. ABSTRACT
Only limited empirical evidence has confirmed the relationship of information resulted by management information systems and the management performance. One of the previous research indicated that the information with certain characteristic leads to improve erformance (Nazaruddin 1998). Based on the previous research finding, this study is intended to examine the relationship between the characteristic of information and the managerial’s performance. Indicators to measure the characteristic of information consist of broadscope, aggregation,integration and timeliness, while performance of management represented by the capability of manager in making planning, in achieving target, and in playing their role outside of the company.
This research results revealed that in general there is a correlation between the characteristic of information consists of broadscope,aggregation, integration and timeliness and the erformance of manager,eventhough the degree of correlation vary depend on the management
need in achieving their performance.
Keywords: performance, characteristic of information, management
information systems.
Kamis, 24 April 2008
Mid Test Metode Riset Bisnis
Dibawah ini terdapat artikel-artikel yang dapat digunakan baik untuk penelitian pemasaran , maupun keuangan. Artikel tersebut hanya untuk mengingatkan anda kepada "variabel" , silahkan anda buat sendiri "JUDUL BARU" untuk sebuah penelitian.(judul bebas).
Yang diminta :
1. Apa judul penelitian baru anda tsb ?
2. Buat latar belakangnya !
3. Bagaimana perumusan masalahnya ?
4. Apa tujuan penelitiannya ?
5. Buat kerangka pemikirannya !
6. Buat hipotesisnya (jika ada)
7. Buat Definisi operasional dan pengukuran variabel !
8. Bagaimana teknik penentuan sampelnya ?
9. Bagaimana pengumpulan datanya
Artikel-Artikel Tersebut Adalah :
" Disain Packaging: Bagaimana Bila Harus Berubah? "
Dalam beberapa tahun terakhir ini, kami telah menyaksikan bagaimana rekan-rekan dari kalangan produsen (product manager & marketing manager dan tim mereka), dan juga dari agency telah mencurahkan perhatian mereka untuk menciptakan produk dengan kemasan-kemasan yang menarik dan berkualitas.
Namun ada satu hal yang menarik perhatian kami, yaitu manakala produsen ingin mengganti desain packaging. Banyak faktor yang menjadi perhatian produsen saat memutuskan untuk mengganti desain packaging produk, namun pertimbangan yang biasanya menjadi permasalahan adalah: "Apakah konsumen akan menyukai desain kemasan baru?"
Memang banyak sekali faktor yang mempengaruhi konsumen untuk menyukai packaging sebuah produk. Dalam beberapa survei dan Focus Group Discussion yang telah kami lakukan, kami mencatat ada beberapa hal penting yang mempengaruhi konsumen untuk menyukai sebuah desain packaging. Hal-hal tersebut antara lain adalah disain perwajahan, fungsi, dan informasi yang diberikan melalui packaging.
Faktor disain perwajahan biasanya menyangkut wilayah estetika, seperti pemilihan warna, font huruf yang digunakan dan tata grafis. Kadangkala pemasar bisa terjebak dengan selera pribadinya, karena faktor estetika sangat erat hubungannya dengan selera individu.
" Delta Djakarta Bagi Dividen Rp1.400 "
JAKARTA - Perusahaan berbasis minuman malt, PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) membagi dividen Rp1.400 per lembar saham.
"Total dividen itu merupakan 48 persen dari laba bersih," ujar Commercial Director Delta Djakarta Eddie Priyono, dalam paparan publik usai mengikuti RUPS Tahunan dan Luar Biasa, di Hotel Crown Plaza, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Kamis (24/4/2008).
Sedangkan laba bersih pada 2007, lanjut dia, tercatat Rp47 miliar.
Besarnya laba bersih itu disokong oleh pendapatan kuartal I-2008. Di mana tahun tersebut, total produksi Delta meningkat 15 persen, menjadi 25 ribu hektoliter dari tahun sebelumnya yang hanya 6,3 persen.
"Kami mengekspor minuman alkohol ke Irak sekira 8 persen, melalui Dubai, Abudabi, Pujaera, dan negara Asean seperti Kamboja dan Thailand," tutur Eddie Priyono
Pada 2007, penjualan PT Delta Jakarta sempat mengalami penurunan sebesar satu persen menjadi Rp439,8 miliar dari Rp396,7 miliar pada 2006 .
Sedangkan pada pendapatan mengalami kenaikan 16,6 persen menjadi Rp836 miliar. Peningkatan tersebut karena adanya kenaikan harga cukai.
Pada 2008 ini, perseroan menargetkan laba bersih naik menjadi Rp69 miliar. Sedangkan untuk operating profit pada kuartal I-2008 meningkat 124 persen dari Rp10,7 miliar menjadi Rp22,4 miliar. Target operating profit pada 2008 sekira Rp60,9 mliar. "Untuk volume penjualannya diharapkan Berita Terkait
naik 53 persen dari tahun sebelumnya," pungkasnya. (rhs)
Rabu, 16 Januari 2008
Manajemen Pemasaran
BAURAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Pemasangan iklan : setiap bentuk presentasi dan promosi non personal yang memerlukan biaya, tentang gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang jelas.
Penjualan personal : presentasi personal oleh tenaga penjualan sebuah perusahaan dengan tujuan menghasilkan transaksi penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.
Promosi Penjualan : insentif-insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan sebuah produk atau jasa.
Hubungan masyarakat : membangun hubungan baik dengan berbagai publik perusahaan dengan sejmlah cara supaya memperoleh publisitas yang menguntungkan, membangun citra perusahaan yang bagus, dan menanganiatau meluruskan rumor, cerita serta event yang tidak menguntungkan.
Pemasaran langsung : hubungan-hubungan langsung dengan masing-masing pelanggan yang dibidik secara seksama dengan tujuan baik untuk memperoleh tanggapan segera maupun untuk membina hubungan dengan pelanggan yang langgeng.
9 Unsur Dalam Cara Kerja Komunikasi
- Pengirim
- Penyusunan Kode
- Media : saluran-saluran komunikasi
- Pemecahan kode
- Penerima
- Tanggapan
- Umpan balik
- Gangguan
Langkah-Langkah Dalam Membangun Komunikasi Yang Efektif
Mengidentifikasi Khalayak Sasaran
Menentukan Tujuan Komunikasi
Merancang Pesan :
- Isi pesan
- Format Pesan
Memilih Media
- Saluran Komunikasi Personal
- Saluran Komunikasi Non Personal
Memilih Sumber Pesan
Mengumpulkan Umpan Balik
Menetapkan Tujuan Pemasangan Iklan
Menginformasikan
- Menceritakan kepada pasar tentang produk baru
- Menganjurkan kegunaan baru produk tertentu
- Menginformasikan pasar tentang perubahan harga
- Menjelaskan cara kerja produk
- Menggambarkan layanan yang tersedia
- Mengoreksi kesan yang salah
- Mengurangi ketakutan pembeli
- Menciptakan citra perusahaan
Membujuk
- Menciptakan preferensi merek
- Mendorong pergantian ke merek anda
- Mengubah persepsi pelanggan tentang atribut produk
- Membujuk pelanggan membeli sekarang
- Membujuk pelanggan untuk menerima kunjungan tenaga penjualan
Mengingatkan
- Mengingatkan pelanggan bahwa produk itu mungkin diperlukan dalam waktu dekat
- Mengingatkan pelanggan dimana membeli produk tersebut
- Mempertahankan produk tersebut tetap ada di benak konsumen selama bukan musimnya
- Mempertahankan kesadaran produk tertinggi di benak.
Menciptakan Pesan Iklan
Daya tarik iklan harus mempunyai 3 sifat :
- Iklan harus bermakna
- Harus dapat dipercaya
- Khas
Pelaksanaan Pesan :
- Potongan kehidupan
- Gaya hidup
- Fantasi
- Suana hati atau citra
- Musikal
- Simbol kepribadian
- Keahlian teknis
- Bukti ilmiah
- Bukti atau dukungan testimonial
Memilih Media Pemasangan Iklan
- Memutuskan tentang jangkauan, frekuensi dan dampak
- Memilih diantara jenis media utama
- Memilih sarana media khusus
- Memutuskan tentang penentuan waktu media
Promosi Penjualan
Terdiri dari insentif-insentif jangka pendek untuk mendorong pembelian atau penjualan produk atau jasa dengan menawarkan untuk membeli sekarang .
Alat Promosi Penjualan Yang Utama :
Contoh Produk (sampel)
Kupon
Tawaran Pengembalian uang atau Rabat.
Kemasan dengan harga potongan
Bingkisan
Barang iklan khusus
Hadiah pelanggan
Promosi di titik penjualan
Kontes, undiah berhadiah dan permainan
Alat Promosi Perdagangan
Diskon Langsung
Tunjangan
Barang gratis
Alat Promosi Bisnis :
Konvensi dan pameran dagang
Kontes penjualan
Fungsi Hubungan Masyarakat
Hubungan pers atau biro media
Publisitas produk
Urusan publik
Melakukan lobi
Hubungan investor
Pengembangan
Alat Hubungan Masyarakat Yang Utama
Berita
Pidato